Kumpulan Informasi dan Aplikasi Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft Power Point.

Selasa, 17 September 2019

Analisis Soal Hasil Ulangan dengan memanfaatkan Google Form

Analisis butir soal adalah pengujian terhadap mutu soal agar diperoleh informasi tentang karakteristik soal tersebut. Ada dua macam analisis butir soal yaitu analisis butir soal secara kualitatif dan analisis butir soal secara kuantitatif.

Pada prinsipnya analisis butir soal secara kualitatif dilaksanakan berdasarkan kaidah penulisan soal. Aspek yang diperhatikan di dalam penelaahan secara kualitatif ini adalah setiap soal ditelaah dari segi materi, konstruksi, bahasa/budaya, dan kunci jawaban/pedoman penskorannya. Adapun analisis butir soal secara kuantitatif adalah pengujian terhadap soal dengan cara menganalisa data empirik hasil tes. Ada dua pendekatan dalam analisis secara kuantitatif, yaitu pendekatan secara klasik dan modern. Selanjutnya pembahasan analisis butir soal di sini dibatasi untuk analisis butir soal dengan menggunakan pendekatan secara klasik. 

Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta didik guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik. Aspek yang perlu diperhatikan dalam analisis butir soal secara klasik adalah setiap butir soal ditelaah dari segi tingkat kemudahan butir, daya pembeda butir, dan penyebaran pilihan jawaban (untuk soal bentuk obyektif) atau frekuensi jawaban pada setiap pilihan jawaban.

Namun, dalam hal ini analisis soal kita terapkan dengan memanfaatkan google form. Dimana kita akan mengolah hasil jawaban ulangan harian anak secara online dan akan diproses oleh google form dengan hasil berupa score yang diperoleh anak, jawaban benar dan salah pada tiap soal, score rerata (Avarege), nilai yang sering muncul (median), dan rentang nilai (Range) dalam sebuah grafik perolehan nilai. Berikut ini contoh pemanfaatan google form:

http://ruangoffices.blogspot.com/

Berikut ini contoh Analisis Soal memanfaatkan Google Form :





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pendataan Non ASN

Pendataan Non ASN
Klik Gambar

CEK BANSOS-BBM

CEK BANSOS-BBM
Klik DTKS

Definition List

Unordered List

Terimakasih Sudah Berkunjung, Di Like Ya Gan

Support