
Dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam pembuatan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP 1 Lembar maka saya berinisiatif membuat RPP 1 lembar dengan google form autocrat. Diamana kita bisa gunakan satu dari autocrat ini untuk membuat sebuah RPP untuk beberapa mata pelajaran. Guru menginput deskripsi materi atau tujuan, bahan, sumber, dan jenis penilaian ke dalam form autocrat dan ketika sang guru tersebut mengirim hasil isian form autocrat maka secara otomatis RPP 1 lembar akan terkirim ke email guru tersebut sehingga dapat diunduh dan dicetak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Semoga dengan cara ini lebih mudah dan bermanfaat.
Untuk mencoba menggunakan Form pembuatan RPP 1 lembar Silahkan isi form berikut ini :
Contoh RPP PJJ PAIBP 1 lembar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Jadi Lebih Mudah
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat, peserta didik diharapkan dapat membaca QS ar-Rahmān/ 55:33 dan QS al-Mujādalah/ 58:11 serta memahami artinya.
Model Pembelajaran & Sumber Belajar
STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan
Sumber Belajar: Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp |
Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu . |
Melalui Guru Grup Telegram/Whatsapp menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode pembelajaran yang akan ditempuh, |
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) |
Kegiatan Literasi | Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu . |
Berpikir kritis | Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk melakukan identifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al- Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu . |
Kolaborasi | Peserta didik bersama orang tua berdiskusi, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa menunjukkan ulang, dan bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu . |
Komunikasi | Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik menunjukkan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas tayangan yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang diperlihatkan |
Kreativitas | Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
C. | Penilaian Hasil Pembelajaran Spiritual : Skala Sikap Sosial : “Interakti Berkomunikasi” Pengetahuan : Tes Tulis Keterampilan : “Membaca dengan Tartil”
|
|
|
|
……….............……..,... 20 Juli... |
| Baru Kepala Sekolah …………. |
Guru Mata Pelajaran |
|
……………………………………… NIP/NRK. |
………………………………………. NIP/NRK. |
KI-KD Khusus
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.