Kumpulan Informasi dan Aplikasi Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft Power Point.

Rabu, 21 Oktober 2020

Membuat RPP 1 Lembar Merdeka Belajar

Dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam pembuatan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP 1 Lembar maka saya berinisiatif membuat RPP 1 lembar dengan google form autocrat. Diamana kita bisa gunakan satu dari autocrat ini untuk membuat sebuah RPP untuk beberapa mata pelajaran. Guru menginput deskripsi materi atau tujuan, bahan, sumber, dan jenis penilaian ke dalam form autocrat dan ketika sang guru tersebut mengirim hasil isian form autocrat maka secara otomatis RPP 1 lembar akan terkirim ke email guru tersebut sehingga dapat diunduh dan dicetak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Semoga dengan cara ini lebih mudah dan bermanfaat.

Untuk mencoba menggunakan Form pembuatan RPP 1 lembar Silahkan isi form berikut ini :


Contoh RPP PJJ PAIBP 1 lembar 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (RPP)

Sekolah

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : VII / Ganjil

Materi Pokok : Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Jadi Lebih Mudah

Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran @40 Menit


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat, peserta didik diharapkan dapat membaca QS ar-Rahmān/ 55:33 dan QS al-Mujādalah/ 58:11 serta memahami artinya.


  1. Model Pembelajaran & Sumber Belajar

    • STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan

    • Sumber Belajar: Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016


  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .

Melalui Guru Grup Telegram/Whatsapp menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode pembelajaran yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,

membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .

Berpikir kritis

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk melakukan identifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-

Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .

Kolaborasi

Peserta didik bersama orang tua berdiskusi, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa menunjukkan ulang, dan bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Arti

QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .


Komunikasi

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik menunjukkan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas tayangan yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang diperlihatkan


Kreativitas

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang

menuntut ilmu. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


C.

Penilaian Hasil Pembelajaran

  1. Spiritual : Skala Sikap

  2. Sosial : “Interakti Berkomunikasi”

  3. Pengetahuan : Tes Tulis

  4. Keterampilan : “Membaca dengan Tartil”





……….............……..,... 20 Juli...


Baru

Kepala Sekolah ………….


Guru Mata Pelajaran




 ……………………………………… NIP/NRK.



 ………………………………………. NIP/NRK.



Buat RPP 1 Lembar Merdeka Belajar 




KI-KD Khusus




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pendataan Non ASN

Pendataan Non ASN
Klik Gambar

CEK BANSOS-BBM

CEK BANSOS-BBM
Klik DTKS

Definition List

Unordered List

Terimakasih Sudah Berkunjung, Di Like Ya Gan

Support