Kumpulan Informasi dan Aplikasi Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft Power Point.

Pembelajaran PAI BP Kelas 8 Online

Berikut ikhtisar singkat tentang jenis sumber daya utama yang dapat Anda harapkan untuk dijumpai dalam pembelajaran online, dan cara mendapatkan yang terbaik dari mereka!.

Latihan Soal USBN PAI BP SMP Online

Soal Latihan PAI BP Ujian Sekolah Tingakt SMP ini berjumalah 30 dengan rincian 25 soal materi PAI BP dan 5 soal qusoner tentang tugas dan antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Membuat Media Pembelajaran Slide Kalkulator dengan Visual Basic

Media pembelajaran berfungsi di antaranya adalah untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Pada kenyataannya, media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran.uan visual basic..

Contoh Surat Rekomendasi Pencairan Tunjangan Profesi Guru

Surat Rekomendasi Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) kini memasuki triwulan III Tahun 2018. Selama setahun, pencairan tunjangan ini dilakukan dalam empat tahap atau pertriwulan.

Tugas Merangkum Materi PAI BP 8

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Rabu, 25 Januari 2023

Lowongan Magang di BUMN Tahun 2023 untuk Mahasiswa dan Santri

ruangoffices


Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.


Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) BUMN adalah program magang terpadu bagi santri, mahasiswa dan fresh graduate untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat dengan cara mempraktekkan secara langsung di dunia kerja sehingga mendapatkan tambahan pengetahuan dan skill tentang standar kerja profesional di BUMN.


Pengalaman yang didapat dari program MAGENTA BUMN akan menjadi bekal berharga dalam menjalani jenjang karir sesungguhnya untuk meraih masa depan gemilang.


Program dan Persyaratan Magang

A. Magang Umum

Kualifikasi umum

Siswa/mahasiswa/fresh graduate tingkat SMA/sederajat sampai dengan D4/S1.

Kualifikasi khusus

Sesuai dengan yang dipersyaratkan pada masing-masing lowongan magang BUMN.

Dokumen persyaratan

  1. KTP
  2. Curriculum Vitae
  3. Ijazah/Surat Keterangan Lulus (bagi yang belum mendapat ijazah)
  4. Transkrip Nilai


B. Magang Santri


Kualifikasi umum

Mahasiswa dari Perguruan Tinggi atau Universitas Islam yang berafiliasi dengan Pesantren.
Minimal semester 5 (D3) dan semester 7 (S1).

Kualifikasi khusus
Sesuai dengan yang dipersyaratkan pada masing-masing lowongan magang BUMN.

Dokumen persyaratan

  1. KTP


C. Indonesia Global Talent Internship

Kualifikasi umum

Mahasiswa aktif S2 dan S3 luar negeri atau lulusan S2 luar negeri yang belum bekerja.

Kualifikasi khusus

Sesuai dengan yang dipersyaratkan pada masing-masing lowongan magang BUMN.

Dokumen persyaratan

  1. Ijazah
  2. Transkrip Nilai
  3. Student Card/Surat Rekomendasi PPID
  4. Motivation Letter
  5. Commitment Letter
  6. Pakta Integritas
  7. CV

Apa yang akan Kamu dapatkan Magang di BUMN ?

  • Pengembangan hard skill & soft skill yang telah didapatkan selama perkuliahan.
  • Pengenalan budaya AKHLAK - Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif di BUMN.
  • Sertifikat eksklusif yang ditanda tangani oleh Menteri BUMN dan Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia

D. Magang Kamupus Merdeka @BUMN

Kualifikasi umum

Pertama, Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.


Kedua, Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Ketiga, Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:

  • D2: minimal semester 3
  • D3: minimal semester 4
  • D4 dan S1: minimal semester 5

Keempat, Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.


Kelima, Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.
Kualifikasi khusus


Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.


Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.


Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbudristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdikbudristek.


Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.
Dokumen persyaratan

  1. Curriculum Vitae
  2. Transkrip Nilai
  3. Surat Rekomendasi Universitas
  4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
  5. Foto/Scan KTP
  6. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

Cara Daftar Magang di BUMN

1. Buat akun untuk melanjutkan pendaftaran pada menu “Masuk ke Akun”. pada portal https://magenta.fhcibumn.com/.





2. Selanjutnya kamu perlu melengkapi data-data lebih lanjut dengan cara klik “Lihat Profil”, lalu lengkapi seluruh data pada menu “Data Pribadi”, “Informasi Akademik”, dan “Kelengkapan Data Pemagang”.


3. Carilah lowongan magang yang akan kamu cari dengan cara klik menu “Lowongan Magang”.


4. Terakhir kamu bisa memilih lowongan magang yang sesuai dengan jurusan kamu, lalu klik “Daftar Magang”.


Sumber :
"magenta.fhcibumn.com" diakses pada Kamis, 26 Janurai 2023.
Share:

Sabtu, 21 Januari 2023

Lowongan Kerja 2023 | Bapenda Kabupaten Subang

Loker Subang


Badan Pendapatan Daerah adalah Badan Pelaksana Fungsi Penunjang Urusan Pemerintahan 

dibidang Pendapatan Daerah Visi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Subang "Terwujudnya 

Pelayanan Pengelolaan Pendapatan Daerah yang Transparan, Dinamis dan Akuntabel Menuju 

Struktur Pendapatan yang Kuat dan Mandiri" dan mempunyai salah satu misi yaitu Terwujudnya 

pelayanan prima yang transparan, dinamis dan akuntabel. Pada kesempatan ini Badan Pendapatan

Daerah Kabupaten Subang membuka kesempatan kepada kaum muda profesional untuk bergabung

sebagai Tenaga Harian Lepas (Rincian Terlampir) dengan kontrak selama 10 Bulan dengan

ketentuan kualifikasi sebagai berikut :

* Pria dan Wanita

* Usia 22 sd 40 Tahun (Per 31 Januari 2023) untuk formasi Pelayanan dan Pengawasan

* Usia 22 sd 35 Tahun (Per 31 Januari 2023) untuk formasi Pendataan Objek Pajak Daerah

* Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

* WNI, memiliki KTP di Kabupaten Subang

* Berpenampilan Menarik dan Sehat Jasmani 

* Jujur dan Cerdas

* Mampu mengoperasikan Kendaraan (Minimal Roda 2)

Jika Anda memenuhi semua kualifikasi di atas berarti Anda mencari dan tertarik untuk 

dipanggil dalam kesempatan yang terbatas ini. Dengan mengirimkan persyaratan administrasi 

sebagai berikut :

1. Formulir Pendaftaran

2. Surat lamaran (ditulis tangan)

3. Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae)

4. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir

5. Fotokopi KTP

6. Pas Foto Berwarna Ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar

7. Poscard berwarna ukuran 4R (foto full body) sebanyak 2 lembar

8. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit/Puskesmas

Pendaftaran dan perpanjangan berkas dilakukan mulai tanggal 20 s/d 24 Januari 2023 dengan 

mengirimkan berkas persyaratan dikirim secara langsung ke :

LPPM STIE Sutaatmadja Subang 

Alamat : 

Jl. Otto Iskandardinata No.76, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Untuk permohonan yang lulus verifikasi persyaratan administrasi akan di umumkan pada tanggal 27 

Januari 2023 melalui website Subang.go.id


Share:

Jumat, 28 Oktober 2022

Cara Reset Password akun belajar id sendiri tanpa akun admin

Saat ini di halaman website belajar.id telah ada fitur baru yaitu "Reset Password".

Fitur ini merupakan "Reset Password" mandiri yang dapat digunakan baik untuk Pendidik, Peserta Didik dan juga Tenaga Kependidikan jika lupa atau ingin mengganti password Akun belajar.id.

Untuk data yang dimasukkan baik tanggal lahir, alamat email ataupun no HP untuk pengiriman kode OTP harus merujuk pada data yang tertera di DAPODIK.
Sehingga, jika ada perbedaan data silakan ajukan perubahan datanya ke Operator Sekolah Anda.

Silakan mencoba dan mengarahkan pengguna untuk melakukan "Reset Password" secara mandiri melalui fitur ini.

Jika terdapat kendala terkait fitur ini dapat menghubungi tombol Butuh Bantuan yang ada di halaman website belajar.id

Berikut infografis terkait fitur "Reset Password" belajar.id silahkan di bawah ini :

Pertama, Bapak/ibu guru akses laman belajar.id dan jika berhasil akan terbuka seperti gambar berikut :

reset passord akun belajar id

Kedua, setelah berhasil diakses dan akan tampil seperti gambar di atas, silahkan klik menu "Reset Password". Maka, akan keluar menu seperti pada gambar sebagai berikut :

isi akun belajar.id anda dengan benar dan isi tanggal lahir sesuai dapodik. Jika isian sudah terisi dengan benar silahkan Klik "Cari Akun belajar.id". 



Ketiga, Setelah berhasil klik "Cari Akun belajar.id" maka akan keluar gambar menu seperti gambar dibawah ini :


Email pribadi dan nomor handphon seperti gambar di atas berdasarkan dari data dapodik. Silahkan pilih menu "Kirim Kode ke Email pribadi" Jika Bapak/Ibu/siswa menghendaki reset password belajar.id via email dan pastikan email pribadi tersebut masih aktif. atau silahkan pilih "Kirim Kode ke Nomor handphone" Jika Anda menghendaki reset password via nomor handphone dan pastikan kartu masih aktif/tidak masa tenggang agar kode OKTP / reset password belajar.id bisa dilakukan.

Keempat, setelah itu silahkan cek email atau sms berdasarkan menupilihan reset password yang telah dikehendaki. Jika reset melalui email pribadi maka periksa di inbox/kotak masuk pada email atau jika reset password melalui nomor handphone silahkan cek SMS dan catat kode OTP untuk reset akun belajar.id. lihat contoh pada gambar berikut reset via email pribadi



Keenam, Silahkan jika ada email seperti di atas klik "Mulai reset Password Akun pembelajaran saya". maka akan keluar menu sebagai berikut :




Silahkan isi dengan password baru dan konfirmasi password harus sama kemudian klik "Ganti Password". dan salin password .

Ketujuh, Setelah berhasil reset password silahkan masuk ke Gmail atau lakukan tambahan akun pada Gmail. Seperti gambar berikut :


Pilih google setelah muncul menu masukan email, isi dengan email akun belajar.id dengan benar dan klik berikutnya dan masukan/salin Password akun belajar.id yang barusan Bapak/Ibu baru buat. Jika berhasil maka akan keluar menu tampilan sebagai berikut :


Setelah bapak/ibu klik menu button "Saya Setuju" maka akun belajar.id Bapak/Ibu berhasil direset dan siap untuk digunakan untuk pemebelajaran. 

Reset atau ajukan akun belajar.id 👉https://belajar.id

Selamat mencoba semoga berhasil dan Sukses.



















Share:

Rabu, 25 Mei 2022

Pengumuman Hasil Pretes Calon Peserta PPG PAI 2022



Berdasarkan surat pengumuman dari Drijen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor B-1247/DJ.I/Dt.I.IV/HM. 01/05/2022 pada tanggal 25 Mei 2022 tentang Hasil Seleksi Akademik (Pre-Test) Tahun 2022. Dalam isi surat pengumuman tersebut menjelaskan sebagai berikut :


Sehubungan telah dilaksanakannya seleksi akademik (Pre-Test) Tahun 2022 pada tanggal 12, 14, dan 15 Mei 2022, maka dengan ini disampaikan bahwa informasi kelulusan Guru Pendidikan Agama Islam yang mengikuti seleksi akademik dapat dilihat pada FITUR PRETEST akun SIAGA masng-masing guru mulai tanggal 27 Mei 2022.

Namun, Karena beberapa kendala teknis di server sehingga peserta Pretest PPG PAI Tahun 2022 bisa mengcek Hasil Seleksi Kademis (pretest PPG) pada tanggal 28 Mei 2022 pukul. 05.00 WIB sudah bisa dilihat di akun siaga masing-masing pada fiture Pretest.

Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelas silahkan lihat surat pengumuman tersebut di halaman berikutnya.


Surat Pengumuman Hasil Akademis (Pretest) PPG PAI Tahun 2022


Share:

Rabu, 18 Mei 2022

Cetak Kartu NISN Online dengan Template Keren

 A. Pengertian NISN

Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang diberikan di satuan pendidikan yang NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode terbuka oleh PDSPK ditampilkan secara dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).


B. Tujuan dan Manfaat

setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan bersaing.


Sebagai pusat layanan pengelolaan nomor induk secara online bagi Unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.


Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Assesment Nasional, PIP, SNMPTN. dan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Cetak NISN

HTML Button Generator

Silahkan operator sekolah/orang tua/siswa bisa buat Kartu NISN pada menu "Buat Kartu NISN" setelah form isian pembuatan NISN online berhasil dikirim maka akan ada balasan otomatis pada email masing-masing yang telah diinput dengan ketentuan email tersebut valid dan masih aktif.

Hal yang perlu dipersiapkan :
1. Data Siswa (Nama Siswa, NISN, Tempat tgl lahir, Jenis Kelamin, dan nama ibu kandung)
2. Pas Foto Siswa (disarankan menggunakan foto formal )
3. Kode QR NISN bisa diakses dan unduh di sini


Keterangan :

NISN yang dicek untuk mendapatkan qr code NISN pada link di point 3 harap sesuai dengan NISN yang tertulis pada ijazah PAUD/TK/SD. Jika terdapat perbedaan indentitas NISN anatara di ijazah dengan di data NISN kemdikbud R.I, silahkan hubungi operator dapodik sekolah untuk melakukan perbaikan.


Setelah pembuatan kartu nisn berhasil terkirim selanjutnya silahkan unduh kartu nisn pada form dibawah ini. setelah isi dengan nisn dan kirim maka akan terunduh otomatis atau jika muncul Spreadsheet silahkan klik berbagi simapn sebagai pdf. atau bisa cetak langsung.
Share:

Selasa, 10 Mei 2022

4 Tahap Perkembangan Kecerdaasan Anak Menurut Jean Piaget



Tahap Perkembangan Anak Menurut Piaget Jean Piaget/J. Piaget/Piaget adalah salah satu tokoh psikologi kognitif yang cukup ternama. Latar belakang Jean Piaget adalah pakar biologi dari Swiss yang hidup pada tahun 1897 sampai tahun 1980 (Harre dan Lamb, 1988). Menurut teorinya, terdapat 4 tahap perkembangan anak berdasarkan usia dan kemampuan kognitif maupun motoriknya.


Teori-teorinya dikembangkan dari pengamatan terhadap orang-orang kandungnya sendiri, kebanyakan berdasarkan hasil pengamatan dengan anak atau antar anak itu sendiri. Jean Piaget lebih difokuskan kajiannya dalam aspek perkembangan kognitif anak dan mengelompokkannya dalam empat fase, yaitu:


1. Tahap Sensori Motor /Sensorimotorik(Usia 0-2 tahun) 

Tahap ini juga disebut masa diskriminasi dan pelabelan. Pada masa ini kemampuan anak terbatas pada gerak-gerak reflex, bahasa awal, dan ruang waktu sekarang saja. Menurut Piaget bahwa pada tahap ini menunjukkan bagaimana perkembangan panca indra sangat berpengaruh terhadap diri anak. Ditandai dengan munculnya keinginan-keinginan untuk memegang dan menyukai apapun karena dorongan keinginan untuk mengetahi bagaimana rekasi atasnya tersebut, dalam usia ini anak memiliki senjata terbesar yakni menangis.


2. Tahap Pra-Operasional (usia 2-7 tahun).

Pada tahap praoperasional, atau disebut juga dengan masa intuitif, anak mulai mengembangkan kemampuan menerima stimulus secara terbatas kemampuan bahasa mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas. Usia ini ditandai dengan anak yang menjadi 'egosentris' dimana ia tidak dapat melihat apapun dari sudut pandang orang lain. Piaget menjelaskan bahwa pada tahap ini anak juga cenderung senang meniru orang-orang yang berada di sekitarnya. Walaupun pada usia 6-7 tahun anak-anak sudah mulai memahami tentang motivasi namun mereka belum memahami bagaimana cara berpikir yang sistematis.Dalam proses penyampaian cerita/berita pada tahap pra-operasional anak juga mempertanyakan penggunaan alat peraga. 


3. Tahap Operasional Kongkrit (Usia 7-11 tahun

Tahap ini juga disebut masa performing operation. Pada masa ini, anak sudah mampu menyelesaikan tugas-tugas menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi. Piaget juga berpendapat bahwa pada tahap ini anak mampu meninggalkan 'egisentris-nya dan mulai bermain' dan senang senang. Anak juga sudah memahami tentang motivasi dan mampu berpikir secara sistematis. 

 

4. Tahap Operasional Formal (Usia 11 - 15 Tahun). 

Tahap ini juga disebut masa proporsional thinking. Pada masa ini, anak sudah mampu berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir secara deduktif, induktif, menganalisis, mensintesis, mampu berpikir secara abstrak dan reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah Pada tahap ini juga, anak memasuki usia pra-remaja. Menurut Piaget masa pra-remaja adalah tahap dimana proses pengajaran pada anak menjadi lebih mudah karena mereka sudah memahami konsep dan dapat berpikir konkrit maupun abstrak. Namun, kesulitan yang dialami para pendidik adalah bagaimana mendampingi anak-anak di masa remaja yang sarat dengan banyak pergumulan.


Baca Materi dan Latihan Soal Pretest PPG PAI 2022

Dikutif dari : websitependidikan.com

Share:

Analisis KI, KD, IPK, dan Tujuan Pembelajaraan



Setiap pendidik wajib mengetahuai tentang semua hal yang berhubungan dengan kurikulum. Kurikulum adalah pijakan dalam menyusun semua hal yang ada di bawahnya, seperti: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, dan tindak lanjut. Dalam konteks pembuatan modul, bagian dari kurikulum yang harus diketahui adalah pemahaman istilah, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan Tujuan Pembelajaran.


Kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang harus dikuasai atau dimiliki oleh siswa melalui proses. Dalam kurikulum 2013, kompetensi terbagi 2 yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap program pendidikan yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program pendidikan dalam mencapai SKL. Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk Menguasai Kompetensi Inti yang harus dicapai peserta melalui proses pembelajaran.


Indikator kompetensi (IPK) adalah sebagai suatu kebanggaan atas mata pelajaran, karena itu IPK merupakan tolok ukur suatu KD. Indikator kompetensi diperlukan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.


Dapat didefinisikan bahwa IPK adalah:


kemampuan yang dapat diobservasi untuk memastikan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2, dan

kemampuan yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk memastikan sebagai pemenuhan Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4.

Merumuskan IPK dapat menggunakan rambu-rambu sebagai berikut.


Indikator merupakan penanda perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1), sikap sosial (KD dari KI-2), perilaku pengetahuan (KD dari KI-3) dan perilaku keterampilan (KD dari KI-4) yang dapat diukur dan diamati.

Untuk mata pelajaran selain PA-BP serta mata pelajaran PPKn, perilaku sikap spiritual (KD dari KI-1) dan sikap sosial (KD dari KI-2) tidak diturunkan ke dalam KD dan juga tidak memiliki IPK pada RPP. Aspek pada mata pelajaran selain PA-BP dan mata pelajaran PPKn sikap terhadap rumusan tujuan pembelajaran sebagai derajat afektif atau sikap.

Rumusan IPK menggunakan dimensi proses kognitif dari memahami sampai dengan pengungkapan, dan dimensi bentuk pengetahuan yang sesuai dengan KD, namun tidak menutup kemungkinan perumusan indikator dimulai dari serendah-rendahnya C2.


Tujuan pembelajaran adalah rumusan hasil belajar (tingkah laku-behavior) yang harus dicapai oleh peserta didik sesuai dengan KD yang dipelajari. Tujuan pembelajaran dapat digunakan sebagai tolak ukur tercapainya setiap sintaks atau langkah model pembelajaran pada kegiatan inti setiap kegiatan pembelajaran. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil pembelajaran yang dapat merupakan jabaran lebih rinci dari indikator (IPK). Setelah membuat IPK dari setiap KD dilanjutkan dengan membuat rumusan tujuan pembelajaran.


Tujuan pembelajaran didasarkan pada KD dari KI pengetahuan dan KD dari KI keterampilan dengan dikaitkan dengan dimensi sikap yang akan dikembangkan. Perumusan tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan. Mager dalam Dick dan Carey (1990) mengemukakan bahwa dalam penyusunan tujuan pembelajaran harus mengandung tiga komponen, yaitu; (1) perilaku (behavior), (2) kondisi (condition), dan (3) derajat atau kriteria (degree). Instructional Development Institute (IDI) menambahkan komponen sasaran (audience), sehingga perumusan tujuan pembelajaran diharapkan mengandung komponen Audience, Behaviour, Condition dan Degree (ABCD), yaitu sebagai berikut.


Audiens adalah peserta didik;

Perilaku merupakan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan tercapai setelah mengikuti pembelajaran;

Kondisi adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan agar tujuan pembelajaran tercapai, dan

Gelar adalah tingkat atau tingkat kemampuan yang harus dicapai peserta didik yang mencakup aspek afektif dan atau sikap. Untuk aspek afektif di arahkan pada aspek afektif, kebutuhan pendidikan keahlian dan nilai-nilai, meningkatkan karakter yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.


Sumber : kelaskuonline.id

Share:

Pendataan Non ASN

Pendataan Non ASN
Klik Gambar

CEK BANSOS-BBM

CEK BANSOS-BBM
Klik DTKS

Definition List

Unordered List

Terimakasih Sudah Berkunjung, Di Like Ya Gan

Support