Kumpulan Informasi dan Aplikasi Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft Power Point.

Pembelajaran PAI BP Kelas 8 Online

Berikut ikhtisar singkat tentang jenis sumber daya utama yang dapat Anda harapkan untuk dijumpai dalam pembelajaran online, dan cara mendapatkan yang terbaik dari mereka!.

Latihan Soal USBN PAI BP SMP Online

Soal Latihan PAI BP Ujian Sekolah Tingakt SMP ini berjumalah 30 dengan rincian 25 soal materi PAI BP dan 5 soal qusoner tentang tugas dan antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

Membuat Media Pembelajaran Slide Kalkulator dengan Visual Basic

Media pembelajaran berfungsi di antaranya adalah untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Pada kenyataannya, media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai media pembelajaran.uan visual basic..

Contoh Surat Rekomendasi Pencairan Tunjangan Profesi Guru

Surat Rekomendasi Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) kini memasuki triwulan III Tahun 2018. Selama setahun, pencairan tunjangan ini dilakukan dalam empat tahap atau pertriwulan.

Tugas Merangkum Materi PAI BP 8

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Kamis, 28 Januari 2021

Dinas Kesehatan Pemprov Jabar Membuka Rekrutmen Tenaga Kesehatan Terbuka



Berdasarkan peleusuran di jejaring sosial pada laman Facebook Gubernur Jawa Barat Yakni Bapak Ridwan Kamil pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2021 Pukul 16.31. Admin Fanspage Ridwan Kamil telah mengumumkan sebagai berikut:

"RATUSAN LOWONGAN PEKERJAAN UNTUK TENAGA KESEHATAN.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan CISDI mengundang tenaga kesehatan untuk bergabung bersama Tim PUSPA (Puskesmas Terpadu dan Juara), sebuah program inisiatif Jabarprovgoid dan CISDI untuk perkuat puskesmas dalam tanggap Covid-19. Tim PUSPA akan fokus pada peningkatan deteksi dan lacak kasus, edukasi 3M, kesiapan vaksinasi dan penyediaan layanan esensial di puskesmas.

Pendaftaran dibuka pada 27 Januari - 7 Februari 2021. 

Informasi seputar persyaratan dan proses seleksi dapat diakses melalui link berikut: https://jabarprov.go.id/puspa/

Mari kita bersama-sama "Selesaikan Pandemi dari Puskesmas!" "


Persyaratan menjadi seorang tenaga kesehatan PUSPA Jawa barat

Persyaratan Umum

  1. Berjiwa pemimpin
  2. Kemampuan komunikasi dan presentasi lisan yang baik
  3. Memiliki insiatif, mampu bekerja sama dengan baik secara mandiri maupun tim
  4. Keterampilan interpersonal yang kuat, termasuk membangun hubungan, interaksi positif dan masalah yang efektif
  5. Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap penanggulangan COVID-19
  6. Berminat untuk berbagi dan mengedukasi masyarakat
  7. Bersedia ditempatkan di Puskesmas manapun yang memiiliki kasus COVID-19


Persyaratan Khusus

  1. Pendidikan minimal D3 / D4 / S1 dengan latar belakang pendidikan kesehatan
  2. Memiliki STR atau keterangan sedang proses pengurusan STR bagi dokter, dokter gigi, perawat, dan bidan dan apoteker.
  3. Memiliki pengalaman bekerja di pelayanan kesehatan primer atau pemberdayaan masyarakat minimal 1 tahun.
  4. Pengetahuan dengan sistem dan baru pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 menjadi aset penting
  5. Berdomisili di Provinsi Jawa Barat menjadi nilai tambah


Ruang Lingkup Pekerjaan


1. Melakukan perencanaan, pendampingan dan pemantauan keseluruhan project

Training: Melakukan pelatihan tenaga kesehatan dan relawan kesehatan

Teach: edukasi dan promosi kesehatan ke masyarakat

Trace: pelacakan kontak dan pemetaan kelompok beresiko

Test: pemeriksaan individu beresiko

Treat dan isolasi: perawatan dan isolasi pasien

2. Mendukung implementasi keseluruhan project dan melakukan perubahan jika diperlukan untuk memenuhi hasil project

3. Mendukung kegiatan advokasi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan setempat yang dibutuhkan dalam pencapaian target project

4. Memfasilitasi penentuan ruang lingkup, tujuan, serta target project bersama dengan relawan dan tenaga kesehatan

5. Mengelola relawan medis dan non medis di wilayah kerja Puskesmas

6. Menetapkan tugas dan sumber daya yang diperlukan

7. Membuat laporan dan dokumentasi kegiatan project

Insentif

  1. Insentif berbasis kinerja
  2. Tes rapid antigen atau RT-PCR secara rutin
  3. Asuransi BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan


Periode Kerja


Maret - Agustus 2021


Semoga Informasi bermanfaat buat sobat-sobat tenaga kesehatan di Seluruh Nusantara.

Sumber: 'https://jabar.pencerahnusantara.org/ diakses pada hari Kamis, tanggal 28 Januari 2021.

Share:

Sabtu, 16 Januari 2021

Cara memposting Google Form dan Video Pembelajaran dari Youtube ke Blog

Assalamualaiku..salam sejahtera kepada sahabat-sahabat guru. Pada kali ini saya akan berbagi tutorial cara memposting Google Form (formulis) dan Video Pembelajaran dari Channel Youtube ke sebuah blog pembelajaran (blogspot). Di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini kita sebagai guru harus kreatif dalam memberikan bahan ajar kepada peserta didik kita. Banyak bahan dari internet (google) yang bisa kita gunakan untuk pemelajaran Online dengan gratis, sperti google classroom, google form, WhatsApp, Youtube dan lain sebagainya. 

Nah, Shobat-shobat guru kreatif, pada postingan ini kita akan bahas blogspot, google form, dan youtibe  agar bisa dimasukan dalam satu halaman pembelajaran oline kepada peserta didik yang bermakna. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.     Siapkan google form misalkan fomulir daftar absen yang disimpan di google drive dan video pembelajaran dari youtube.. dan jika belum mempunyai blog bisa buat blogspot terlebih dahulu.

2.     Setelah point (1) dibuat, masuk ke google drive dan ambil emmed daftar hadir (google form) seperti gambar di bawah ini :

 

Pertama, klik Sand seperti gambar berikut :


Kedua, setelah langkah pertama (klik sand) maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, dan pilih embed html copy dan pastekan ke blog.



Ketiga, Pastekan beikut ini ke blog :


Contoh Kode Embed html google form seperti gambar di atas (no. 4)
===================================================================
<iframe src="https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSerfJIKYv_RTpWzPcI23Y8C-8CKKH3krhNLBDe0QWN9Q3z91w/viewform?embedded=true" width="640" height="769" frameborder="0" marginheight="0" marginwidth="0">Loading…</iframe>
===================================================================
agar form berada di tengah halaman tambahkan atau apil kode embed html diatas dengan kode 
<center> kode embed html google form</center>

Keempat, klik  compose new isikan kata-kata tambahan jika dirasa sudah cukup klik Publish dan berikut haasilnya :



Tutorial di atas merupakan langkah-langkan untuk memasang embed daftar hadir siswa. nah, Shobat-shobat guru untuk seperti itu.

Bagamana cara posting embed channel youtube ke blog dan bagai mana cara dapetin embednhya ?


Ok, shobat-shobat sekalain berikut langkahnya untuk cara dapetin embed channel youtube dan cara posting  embednhya ke blogspot.

Pertama, masuk ke channel youtub dan pilih video yang mau dimbil embednya. caranya klik share pada video tersebut kemudian pilih Embed (< >). selanjutnya ketika muncul seperti gambar di bawah ini, copy embed dan pastekan ke blog seperti langkah paste pada posting google form di atas.


contoh embbed video youtube

=================================================================
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/3jBExej-nis" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>
==================================================================

Nah, Demikianlah sobat-sobat guru sekalian, cara memposting google form dan video youtube ke blog. Semoga bermanfaat dan berkah. Aamiin...




  1. ..

Share:

Rabu, 21 Oktober 2020

Membuat RPP 1 Lembar Merdeka Belajar

Dalam rangka untuk memudahkan para guru dalam pembuatan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP 1 Lembar maka saya berinisiatif membuat RPP 1 lembar dengan google form autocrat. Diamana kita bisa gunakan satu dari autocrat ini untuk membuat sebuah RPP untuk beberapa mata pelajaran. Guru menginput deskripsi materi atau tujuan, bahan, sumber, dan jenis penilaian ke dalam form autocrat dan ketika sang guru tersebut mengirim hasil isian form autocrat maka secara otomatis RPP 1 lembar akan terkirim ke email guru tersebut sehingga dapat diunduh dan dicetak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Semoga dengan cara ini lebih mudah dan bermanfaat.

Untuk mencoba menggunakan Form pembuatan RPP 1 lembar Silahkan isi form berikut ini :


Contoh RPP PJJ PAIBP 1 lembar 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (RPP)

Sekolah

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : VII / Ganjil

Materi Pokok : Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Jadi Lebih Mudah

Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran @40 Menit


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat, peserta didik diharapkan dapat membaca QS ar-Rahmān/ 55:33 dan QS al-Mujādalah/ 58:11 serta memahami artinya.


  1. Model Pembelajaran & Sumber Belajar

    • STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan

    • Sumber Belajar: Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016


  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .

Melalui Guru Grup Telegram/Whatsapp menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode pembelajaran yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,

membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .

Berpikir kritis

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk melakukan identifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-

Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .

Kolaborasi

Peserta didik bersama orang tua berdiskusi, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa menunjukkan ulang, dan bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Arti

QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu .


Komunikasi

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik menunjukkan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas tayangan yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang diperlihatkan


Kreativitas

Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Arti QS ar-Rahmān/55:33 dan QS al-Mujādalah/58:11 serta hadis tentang

menuntut ilmu. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


C.

Penilaian Hasil Pembelajaran

  1. Spiritual : Skala Sikap

  2. Sosial : “Interakti Berkomunikasi”

  3. Pengetahuan : Tes Tulis

  4. Keterampilan : “Membaca dengan Tartil”





……….............……..,... 20 Juli...


Baru

Kepala Sekolah ………….


Guru Mata Pelajaran




 ……………………………………… NIP/NRK.



 ………………………………………. NIP/NRK.



Buat RPP 1 Lembar Merdeka Belajar 




KI-KD Khusus




Share:

Sabtu, 10 Oktober 2020

Program Dana Bantuan UKM Facebook Sebesar 12,5 Miliar, Ayo Daftar ! | Bukan Hoax

Dimasa Pandemi Covid-19 Facebook akan memberikan bantuan kepada maksimum 30.000 bisnis kecil yang memenuhi syarat di lebih dari 30 negara hal ini telah disampaikan oleh Sheryl Sandberg selaku COO Facebook dalam tayangan video singat 0.29 Lihat https://web.facebook.com/business/resource. Agar bisa mengajukan permohonan, bisnis Anda harus:

·        Memiliki 2 sampai 50 karyawan

·        Telah beroperasi selama lebih dari satu tahun

·        Terdampak COVID-19

·        Berlokasi di sekitar wilayah operasional Facebook

Simak prosedur pengajuan permohonan di bawah ini untuk mengetahui apakah area Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan, atau untuk mendapatkan informasi terkini melalui email ketika pendaftaran dibuka.

Di Indonesia pihak Facebook telah menawarkan sekitar Rp12.500.000.000 dalam bentuk dana bantuan untuk sekitar 400 usaha kecil yang memenuhi syarat. Setiap bentuk bantuan bernilai Rp31.017.300 yang terdiri dari Rp19.385.800 dalam bentuk uang tunai dan Rp11.631.500 dalam bentuk kredit iklan opsional untuk membantu selama periode yang penuh tantangan ini (Seluruh angka pada bagian ini merupakan perkiraan).

Usaha kecil tidak perlu memiliki akun Facebook untuk mengajukan permohonan dana bantuan ini.

 

Berikut beberapa persyaratan untuk mengetahui apakah usaha Anda memenuhi syarat untuk mendaftar:

 

●      Merupakan perusahaan bisnis

●      Memiliki antara 2 hingga 50 karyawan per 1 Januari 2020

●      Telah menjalankan usaha lebih dari 1 tahun

●      Telah mengalami tantangan dari COVID-19

●      Berlokasi hanya di Jabodetabek

 

Usaha kecil di Indonesia dapat mengajukan permohonan mereka pada periode antara 6 Oktober 2020 hingga 19 Oktober 2020.

Informasi lengkap silahkan akses dan pejari informasinya di https://web.facebook.com/business/small-business/grants.

 

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Share:

Sabtu, 05 September 2020

Soal Ualngan Tengah Semester Ganjil | SMP-IPA Kelas 7

 


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat berjumpa anak-anak ku, semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat serta selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin Yaa Robbal'alaamiin. 

Dalam pertemuan kali ini ibu memberikan test berupa Sola Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 20 soal pilihan ganda dengan petunjuk sebagai berikut :

Petunjuk PTS IPA Kelas 7 :

1.     Isi identitas kalian seperti nama, jenis kelamin dan kelas pada Form PTS IPA dengan lengkap 

2.     Jika ingin melanjutkan ke halaman berikutnya maka klik Next/berikutnya dan jika ingin kembali ke halaman sebelumnya klik Back/Sebelumnnya.

3.     Pastikan semua isian terisi, jika ada salah satu kolom isian tidak terisi maka kalian tidak bisa melanjutkan atau mengirim hasil jawaban kalian dan akan diarahkan otomatis ke bagian yang belum disi sehingga kalian bisa mengisinya agar hasil jawaban kalian bisa berhasil terkirim.

4.     Setelah kalian berhasil mengirim jawaban PTS maka secara otomatis ada pemberitahuan "Terimakasih, Anda telah menyelesaikan soal PTS ganjil IPA kelas 7". dan

5.     Kalian bisa melihat nilainya langsung dengan klik View Score atau Lihat Skor.

Demikian hal ini disampaikan semoga kalian paham.

Wassalaumalaikum Wr. Wb

Teacher : Nunie Indirawati, S.Pd.

Untuk memulai mengerjakan soal PTS silahkan isi form di bawah ini :

Share:

Pendataan Non ASN

Pendataan Non ASN
Klik Gambar

CEK BANSOS-BBM

CEK BANSOS-BBM
Klik DTKS

Definition List

Unordered List

Terimakasih Sudah Berkunjung, Di Like Ya Gan

Support